3 Cara Cek IMEI dan Garansi Resmi HP Vivo Terbaru 2019

Cek IMEI HP Vivo – Saat ini banyak sekali yang mencari informasi tentang 3 cara cek imei dan garansi resmi HP Vivo. Hal tersebut dilakukan karena banyak sekali jenis HP yang ditawarkan di pasaran seperti garansi distributor dan garansi resmi. Tentu hal tersebut menjadi kekhawatiran jika ternyata membeli HP yang tidak resmi. Untuk itu harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikannya.

Berikut 3 Cara Cek IMEI dan Garansi Resmi HP Vivo

Sebagai salah satu produsen terbesar, banyak sekali pengguna yang memiliki Vivo dibandingkan dengan merk yang lainnya. Hal ini juga dimanfaatkan oleh para produsen yang mengeluarkan HP black market. Namun tentunya akan memiliki berbagai perbedaan salah satunya adalah garansi. Untuk itu simaklah beberapa langkah cara cek imei dan garansi resmi HP Vivo agar tidak tertipu terbaru.

Advertisement

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Prediksi Teks di Keyboard Vivo Semua Tipe

Pengecekan IMEI HP Vivo Melalui Website Resmi Kemenperin

1. Anda bisa langsung mengakses website Kemenperin dengan mencarinya di halaman pencarian.

2. Situs resmi akan muncul paling atas.

3. Anda bisa mengkliknya untuk membuka halaman situs tersebut. Atau Anda bisa mengakses https://imei.kemenperin.go.id/

4. Ketika masuk ke halaman awal maka Anda diminta untuk memasukkan data imei yang terdapat pada HP.

5. Jika sudah resmi terdaftar maka sistem akan memberitahukan detail dari HP yang digunakan seperti nomor imei, merk, type, nama perusahaan dan lain sebagainya.

6. Jika sudah muncul berbagai informasi tersebut berarti HP yang Anda gunakan sudah resmi dan diakui oleh pemerintah. Namun jika tidak muncul, maka Anda harus mempertanyakannya dan bisa saja itu merupakan HP black market.

Baca Juga : Cara Mengubah Font HP Vivo Semua Tipe Tanpa Aplikasi

Cek IMEI dan Garansi Melalui Website Resmi Vivo

1. Vivo memiliki website resmi yang bisa digunakan untuk mengecek nomor imei HP Vivo. Seluruh produk yang asli dihasilkan oleh Vivo maka akan terdaftar di sistem ini. Anda bisa langsung masuk ke website resmi Vivo dengan melakukan pencarian. Untuk lebih mudah, Anda bisa mengakses alamat ini https://www.vivo.com/id/support/IMEI.

2. Ketika Anda masuk ke halaman depan maka terdapat kolom khusus yang meminta Anda untuk melakukan otentikasi.

3. Anda bisa memasukkan nomor imei pada kolom yang sudah disediakan. Periksa kembali apakah nomor yang Anda masukkan sudah benar. Pastikan tidak ada yang salah.
Klik tombol berwarna biru bertulisan kirim untuk memverifikasinya.

4. Akan muncul beberapa informasi tentang warna, masa garansi, type HP dan lain sebagainya.

5. Jika muncul data tersebut maka bisa dipastikan bahwa HP yang Anda miliki merupakan produk Vivo asli. Pada saat melakukan otentikasi maka sistem akan mengacu pada database produk yang sudah terdata terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan sistem dengan mudah bisa menampilkan detail dari produk sesuai dengan nomor imei yang Anda input.

6. Jika tidak muncul detail apapun berarti nomor imei tersebut tidak ada dalam database Vivo. Hal ini menegaskan bahwa bukan Vivo yang memproduksi HP tersebut. Bisa saja diproduksi oleh pihak lain atau bahkan black market.

Baca Juga : Cara Posting Foto 360 Derajat di Facebook Android

Cek IMEI Vivo melalui HP

1. Jika dua cara diatas mengharuskan Anda untuk mengakses sebuah website untuk bisa melihat nomor imei maka cara yang selanjutnya agak berbeda. Anda hanya perlu mengaksesnya via HP saja. Cara ini dinilai lebih mudah untuk menampilkan nomor email dan mudah dimengerti.

2. Anda bisa langsung masuk ke menu dial tempat dimana biasanya Anda melakukan panggilan. Ketik *#06# kemudian tekan call. Secara otomatis Anda bisa melihat nomor imei melalui pop up pesan. Langsung catat nomor imei yang diinformasikan karena pop up ini tidak dapat di screenshot.

3. Selanjutnya Anda bisa membuka menu pengaturan pada ponsel. Pilih About. Anda akan diberikan informasi detail tentang definisi HP Vivo. Perhatikan pada bagian imei dan cocokkan dengan data yang sudah Anda dapatkan sebelumnya melalui menu dial. Apakah nomornya sama atau tidak. Jika sama Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Langkah terakhir adalah mengecek langsung nomor imei yang tertera pada kardus HP. Lihat pada bagian belakang akan ada barcode dan akan ada informasi imei disana. Periksa, apakah nomor yang terdapat pada kardus sama dengan nomor imei yang diperoleh dari dua cara diatas atau bukan.

5. Jika Anda sudah melakukan validasi dan memastikan bahwa nomor imei yang diinformasikan dari cara-cara diatas adalah sama, maka bisa dipastikan HP Vivo Anda asli dan memiliki garansi resmi. Namun jika tidak sama, maka bisa saja nomor imei telah diduplikasi atau diubah. Hal ini biasanya akan dilakukan untuk HP black market.

Demikianlah 3 cara cek imei dan garansi resmi HP Vivo. Dengan menggunakan cara diatas maka Anda bisa memastikan sendiri bagaimana status dari HP yang dimiliki apakah resmi atau tidak. Hal ini sangat penting mengingat saat ini pemerintah sedang memperketat peredaran HP black market dengan mengidentifikasi nomor imei yang terdapat pada HP.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here