5+ Cara Menstabilkan PING Internet Saat Main Game Online Mobile Legends & PUBG – Bermain game merupakan hal yang paling menyenangkan untuk mengisi waktu kosong. Terlebih saat ini banyak tersedia game online gratis dengan berbagai genre dari muali strategy, battle royale, RPG, FPS dan masih banyak lainnya. Namun kesenangan saat bermain game online akan berbalik 180 derajat menjadi kekesalan ketika jaringan internetnya lemot. Tentu jaringan yang lemot menjadi momok yang ditakuti oleh para gamers. PING internet yang lemah pada ponsel Android bisa di alami oleh semua layanan operator seluler baik itu, Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Axis atau Smartfren yang bisa di sebabkan oleh banyak faktor.

Advertisement

Maka pada kesempatan ini admin akan membahas cara setting untuk menstabilkan PING internet di Android untuk bermain game online. Cara-cara yang akan admin bagikan ini bisa di praktekan pada semua Android baik itu yang belum di root ataupun sudah rooted dan tentunya bisa untuk semua layanan operator seluler. Cara ini juga work untuk semua jenis game online seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Garena Free Fire, Clash of Clans, Ragnarok Valkyrie, AOV dan lain-lainnya.

Namun harus di sesuaikan juga dengan kondisi, seperti misalnya RAM ponsel anda memnuhi rekomendasi yang di sarankan oleh developer game, lokasi daerah tinggal anda sudah mendukung jaringan 4G, memiliki kuota reguler 24 jam tanpa ada batasan 4G / 3G.

Jika semua kondisi sudah sesuai dengan yang admin sebutkan di atas namun masih LAG / patah-patah saat bermain, mari disimak dibawah ini beberapa cara menstabilkan PING Internet di Android saat bermain game online yang bisa anda coba praktekan satu-persatu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Hilang Terbaru 2019

Cara Menstabilkan PING Internet di Android Saat Main Game Online

#1. Hibernasi Aplikasi Social Media Yang Tidak Digunakan

Aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram selain mengkonsumsi memori RAM ponsel, app ini juga akan menggunakan jaringan internet di ponsel anda. Maka agar PING internet di ponsel Android ingin stabil, silahkan hibernasi / bebukan sementara beberapa aplikasi sosial media yang sedang tidak digunakan. Untuk meng-hibernasi, anda dapat menggunakan aplikasi Greenify yang dapat di unduh gratis melalui Google Play.

Ikuti dibawah ini cara setting Greenify untuk membekukan aplikasi :

Advertisement

1. Download aplikasinya melalui Google Play.

2. Buka aplikasi Greenify-nya kemudian jika ada pertanyaan Mode Kerja, silahkan anda sesuaikan dengan ponsel anda sudah di root atau belum. Jika belum root anda bisa memilih My device NOT Rooted. Tap tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

3. Selanjutnya, pada halaman beranda tap tombol Bulat + di bagian sudut kanan bawah maka akan terdapat beberapa aplikasi yang sedang running di latar belakang. Pilih beberapa aplikasi sosial media yang akan anda hibernasi. Admin contohkan akan memilih aplikasi Messenger. Jika sudah, tap tombol Bulat ceklis dibagian bawah kanan.

Advertisement

4. Status aplikasi masih belum terhibernasi, silahkan anda seleksi aplikasinya lalu tap tombol Zzz yang ada di bagian bawah.

Jika anda pertama kali menggunakan aplikasi Greenify tanpa root, anda akan diminta untuk mengaktifkan Aksesbilitas melalui pengaturan ponsel untuk aplikasi Greenify. 

Silahkan scroll ke bagian bawah hingga anda menemukan tulisan Greenify – Hibernasi Otomatis lalu silahkan aktifkan. Lihat gambar dibawah ini.

5. Jika sudah, kembali ke aplikasi Greenify lalu tap tombol Zzz lagi untuk membekukan aplikasi yang di pilih tadi hingga statusnya Hibernasi yang artinya aplikasi tersebut sudah berhasil dibekukan.

Lalukan langkah yang sama untuk membekukan aplikasi lainnya.

Baca Juga : VPN Mobile Legends Terbaik Agar Bisa Bermain di Server India dan Jepang

#2. Nonaktifkan Fitur Penghemat Data / Baterai di Ponsel Anda

Untuk ponsel Android sudah Lollipop 6.0 ke atas, maka biasanya akan ada fitur penghemat data internet dan daya baterai, maka nonaktifkan terlebih dahulu sementara pada saat anda bermain game Online karena dapat menyebabkan PING internet di ponsel Android anda tidak stabil.

#3. Mengganti DNS Untuk Menstabilkan PING Internet

Dengan mengganti DNS di ponsel anda dapat menstabilkan PING internet saat bermain game online. DNS sendiri adalah singkatan dari Domain Neme System yang berfungsi untuk mengubah IP address menjadi domain address. DNS yang dapat anda gunakan adalah 1.1.1.1 dari Cloudflare yang terbukti mampu meningkatkan respon time internet di ponsel anda hingga 14.5ms. Cara mengubah DNS di Android cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Pertama silahkan anda download aplikasi DNSChanger dari Google Play. Tenang saja aplikasi ini bisa berjalan pada ponsel yang belum root.

2. Buka aplikasinya maka pada halaman awal akan tersedia 2 kolom DNS yang sudah terisi oleh DNS default dari Google. Silahkan anda ubah DNS tersebu. Kolom pertama isi dengan 1.1.1.1 dan kolom kedua isi dengan 1.0.0.1.

3. Jika sudah, tap tombol START dan tunggu hingga terhubung ke server. Jika sudah terhubung maka akan muncul icon kunci di statusbar ponsel anda. Biarkan aplikasi ini berjalan di latar belakang selama anda bermain game online.

Baca Juga : 4 VPN Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Android Hingga 10x Lipat

#4. Pakai Speedify – Bounding VPN Agar Internet Lebih Stabil

Selain mengganti DNS ada cara yang lebih simpel untuk menstabilkan internet yaitu dengan menggunakan Speedify VPN. VPN yang satu ini terkenal memiliki server Singapore dan Indonesia yang cepat dan unlimited speed yang artinya tidak ada batasan untuk kecepatan internetnya. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara settingnya.

1. Download aplikasinya melalui Google Play.

2. Jalankan aplikasinya, maka pada saat pertama kali di jalankan akan meminta izin akses lokasi dan negara silahkan anda ceklis keduanya untuk mengizinkan.

3. Setelah di halaman beranda silahkan anda aktifkan dengan menggeser tombol Speedify. Tunggu hingga terhubung ke server dengan di tandai icon kunci di statusbar.

4. Untuk memilih server, pada halaman awal tap tombol roda gigi, lalu pilih anda ingin menggunakan server dari negara mana. Namun admin sarankan jika untuk menstabilkan PING, anda cukup menggunakan Fast Server.

 

Biarkan aplikasi ini berjalan di latar belakang selama anda bermain game online.

Baca Juga : DNS Stabil dan Tercepat Untuk Game Online di Android Terbaru

Nah, itulah 4 cara yang bisa anda gunakan untuk menstabilkan PING internet di ponsel Android saat bermain game online. Cara-cara di atas sudah admin test dan terbukti ampuh untuk mengatasi PING rendah saat bermain game. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan para pembaca semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.

Advertisement

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here