Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace dan Grup

Cara menjual barang di Facebook marketplace dan grup menjadi salah satu pertanyaan yang sering diajukan pengguna. Untuk meningkatkan layanannya, Facebook menghadirkan fitur baru yang disebut market place. Fitur ini digunakan sebagai forum jual beli yang menghubungkan penjual dengan pembeli.

Baca Juga : Cara Posting Foto 360 Derajat di Facebook Android

Inilah Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace dan Grup

Mungkin kebanyakan pengguna masih bingung tentang cara menjual barang di Facebook marketplace dan grup. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah di bawah ini agar bisa lebih memahaminya.

Advertisement

1. Kunjungi website resmi Facebook.

2. Anda akan diminta untuk login ke akun yang dimiliki.

3. Ketika login berhasil maka akan muncul tampilan halaman awal. Akan terlihat beberapa pilihan menu. Pilih marketplace.

4. Anda akan masuk ke halaman marketplace. Terlihat pada halaman tersebut beberapa produk yang dijual. Pilih menu Sell untuk menjual barang di marketplace.

5. Sebelum menjualnya, Facebook meminta Anda untuk memilih jenis produk yang akan dijual. Hal tersebut dilakukan agar nantinya produk Anda bisa dikategorikan dan mempermudah pembeli untuk mengaksesnya. Pilih salah satu dari kategori yang tersedia.

6. Anda akan diarahkan ke formulir pembelian. Di formulir ini Anda diminta untuk memasukkan seluruh data mengenai produk yang dijual. Anda juga diminta untuk memasukkan foto dari produk yang dijual. Lengkapi seluruh form mulai dari nama, harga, deskripsi dan foto.

Baca Juga : Cara Download Video Facebook Terbaru 2019 (Android)

7. Pilihlah kategori dari produk yang dijual. Misalnya furniture, baju dan lain sebagainya.

8. Sebelum produk yang dijual ditampilkan ke marketplace, Facebook akan menawarkan beberapa opsi. Apakah Anda ingin menyebarkan produk jual ke profil atau grup. Jika iya, maka Anda bisa ceklis di semua pilihan kemudian pilih post. Anda bisa memilih di grup mana saja produk akan disebarkan. Namun jika Anda hanya ingin produk ditampilkan pada marketplace saja maka Anda bisa klik skip.

9. Ketika produk sudah disebarkan ke marketplace maka Anda bisa melihatnya dihalaman your item. Pada halaman ini akan terdapat 4 pilih menu. Menu Buying akan menampilkan seluruh barang yang pernah Anda beli melalui marketplace. Menu Selling akan berisikan seluruh barang yang Anda jual. Menu Following akan menampilkan penjual maka saja yang Anda ikuti. Menu Saved akan menampilkan berbagai item yang Anda save. Untuk memudahkan pencarian kembali maka Anda bisa melihatnya di menu Saved.

10. Untuk mengelola dagangan Anda bisa masuk ke menu Selling. Disana Anda akan melihat daftar produk yang Anda jual. Pada halaman tersebut Anda bisa mengubah, memperbaharui, menerbitkan kembali ataupun menghapus produk yang dijual. Jika dalam beberapa waktu produk belum juga laku maka Anda bisa memperbaharui iklan agar lebih menarik. Atau menyebarkannya di grup yang lainnya agar peluang produk dijual lebih cepat.

Baca Juga : Cara Live Streaming Game ke YouTube dan Facebook Android

Tips Agar Produk Anda Bisa Cepat Terjual di Facebook

Ketika Anda melakukan penjualan sebuah produk, tentu Anda mengharapkan agar produk tersebut cepat terjual. Namun berbagai kendala sering kali terjadi dan membuat produk lama terjualnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis melalui marketplace Facebook mari simaklah tipsnya di bawah ini.

  • Untuk bisa menjual produk dengan lebih cepat, maka anda harus memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat di Facebook. Anda bisa gunakan fitur berbagi agar produk Anda bisa dipasarkan dengan lebih luas. Anda bisa bergabung di berbagai grup untuk bisa menyebarkannya lebih banyak lagi.
  • Kebanyakan pembeli akan menanyakan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika masuk pertanyaan, cepatnya untuk meresponnya. Dengan begitu pembeli bisa melihat bagaimana niat baik Anda dalam berjualan. Jika bisa mendapatkan informasi yang lebih cepat maka pelanggan pun akan semakin senang.
  • Sebelum menentukan harga dari sebuah produk yang akan Anda jual, sebaiknya lakukanlah survei terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengetahui harga pasaran yang beredar. Dengan begitu maka Anda bisa memberikan harga yang bersaing untuk menarik perhatian para pembeli.
  • Pada saat mengisi form barang sebaiknya Anda isi dengan lengkap seluruh deskripsi yang dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan agar para pembeli bisa mengetahui produk dengan lebih jelas. Dengan begitu maka pembeli akan yakin untuk membeli produk yang Anda jual. Jika deskripsi jelas maka pembeli tidak akan menanyakannya kembali ke Anda sebagai penjual dan bisa langsung membelinya.
  • Saat mengisi deskripsi produk, Anda akan diminta untuk melampirkan foto barang yang dijual. Gunakanlah foto asli dengan mengambil langsung gambar dari produk. Jangan menggunakan foto yang terdapat di internet ataupun di brosur. Hal tersebut dilakukan agar pembeli bisa mengetahui kondisi produk yang Anda juga dengan lebih lebih nyata.

Baca Juga : Cara Bermain Instant Games di Aplikasi Facebook Android

Itulah cara menjual barang di Facebook marketplace dan grup. Dengan adanya berbagai fitur yang dihadirkan oleh Facebook, membuat para pengguna merasa lebih nyaman untuk terus menggunakannya. Sekarang Facebook bukan hanya digunakan sebagai media sosial saja, namun juga bisa digunakan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here