3+ Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti 100% Ampuh!

3+ Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti 100% Ampuh! – Salah satu aplikasi pokok untuk sebuah ponsel Android adalah Layanan Google Play / Google Play Service. Aplikasi ini yang mengcover semua layanan akun Google pada ponsel Android anda seperti sinkronisasi Gmail, Google Foto, Google Play Store, Google Play Film, Google Play Musik, Google Play Games dan lain sebagainya. Jika aplikasi Google Play Service di ponsel anda eror maka tentunya akses kelayanan akun Google anda pun akan terganggu.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa tidak jarang pengguna ponsel Android yang mengalami Layanan Google Play error. Pesan error biasanya akan terus-menerus muncul “Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti”.

Advertisement

Tentunya selain sangat mengganggu, masalah ini pun akan memperlambat performa ponsel Android anda. Maka masalah ini harus segera di atasi agar performa ponsel Android anda kembali normal dan anda dapat beraktifitas dengan nyamanan tanpa adanya pesan error yang terus-terusan muncul.

Penyebab Layanan Google Play Terhenti (Error)

Sejatinya admin tidak mengetahui secara pasti penyebab Layanan Google Play ini terhenti. Namun menurut beberapa refensi yang admin baca bahwa masalah ini bisa muncul akibat menumpuknya Cache pada aplikasi Layanan Google Play itu sendiri.

Selain cache, terkadang versi aplikasi Layanan Google Play yang sudah kadaluarsa bisa menjadi penyebabnya. Karena aplikasi ini akan di update secara otomatis ketika ada versi baru yang diluncurkan. Namun jika ponsel anda sangat jarang terkoneksi ke internet maka prroses update tersebut akan menjadi tertunda dan akibatnya aplikasi menjadi error dan terus berhenti.

Nah, pada kesempatan ini admin akan membahas cara mengatasi Layanan Google Play terhenti menurut pengalaman admin sendiri dan sudah terbukti ampuh. Cara yang akan admin bahas ini dapat anda praktekan pada semua merk ponsel Android seperi Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Asus dan lainnya. Baiklah, mari kita simak langkah-langkah mudah mengatasinya dibawah ini.

Baca Juga : #5 Cara Mengatasi Facebook Terhenti (Error) di Android

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

1. Hapus Data Aplikasi Layanan Google Play

Seperti yang admin sampaikan di atas bahwa salah satu penyebab Layanan Google Play terhenti adalah di akibatkan oleh Cache yang menumpuk. Maka anda bisa mencoba membersihkan data aplikasi ini melalui Setelan Ponsel > App Manager. Ikuti langkah-langkah dibawah ini agar lebih jelas.

Note : Namun perlu di ketahui bahwa jika anda menghapus semua data, maka semua data yang telah tersimpan di aplikasi ini akan hilang seperti riwayat penelusuran pada aplikasi Gmail, YouTube, Chrome, Google Maps, Google Drive, Google Play Musik dan lainnya.

1. Buka Setelan Ponsel anda kemudian cari dan buka menu App Manager / App Terinstall.

2. Selanjutnya karena aplikasi Layanan Google Play ini merupakan aplikasi Sistem, maka agar anda bisa melihatnya pilih Tampilkan aplikasi sistem. Selanjutnya silahkan anda cari aplikasi yang bernama Layanan Google Play / Google Play Service.

 

3. Kemudian silahkan pilih menu Penyimpanan lalu pilih Hapus Memori / Hapus Data.

4. Setelah penghapusan data selesai, maka silahkan restart ponsel anda untuk memulihkan aplikasi.

Baca Juga : Cara Memindahkan Data Game ke SD Card Tanpa Root Terbaru 2019

2. Aktifkan Semua Izin Untuk Layanan Google Play

Aplikasi Layanan Google Play membutuhkan beberapa izin akses ke beberapa aplikasi lain di ponsel anda agar dapat berjalan dengan normal. Maka anda harus mengizinkan semua layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi ini. Untuk membuka semua izin silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Setelan di ponsel anda.

2. Pilih menu App Manager / App Terinstall. Cari aplikasi Layanan Google Play.

3. Kemudian pilih menu Izin. Lalu silahkan anda aktifkan semua izin akses seperti Kalender, Kamera, Kontak, Lokasi, Microfon, Penyimpanan, dan Telepon.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard HP Android Error Tidak Muncul

3. Update Aplikasi ke Versi Paling Baru

Scara default Layanan Google Play akan di update secara otomatis. Namun jika ponsel anda gagal meng-update aplikasi ini secara otomatis, anda bisa update secara menual menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama silahkan anda download dan install aplikasi yang bernama Play Service Info (Update) melalui Play Store.

2. Kemudian setelah aplikasinya terisntall silahkan jalankan aplikasinya, lalu pada halaman awal pilih tombol Play Store.

3. Maka anda akan di arahkan ke halaman aplikasi Layanan Google Play. Silahkan tap tombol Update untuk melakukan pembaruan aplikasinya.

Baca Juga : 4+ Cara Mengetahui HP Disadap Atau Tidak Terbaru 2019

4. Reset Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Solusi terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi Layanan Google Play terhenti adalah dengan mengembalikan pengaturan ponsel ke pabrik atau yang sering di sebut soft reset. Namun perlu di ingat bahwa sebelum mereset ponsel anda, sebaiknya backup terlebih dahulu semua data penting di ponsel anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatur ulang setelan ponsel ke pabrik.

1. Masuk ke Setelan Ponsel.

2. Kemudian cari menu informasi Tentang Ponsel / About Phone.

3. Kemudian pilih menu Reset selanjutnya pilih Reset Pengaturan.

4. Tunggu hingga proses reset selesai.

Demikian yang dapat admin sampaikan tentang cara mengatasi Layanan Google Play terus berhenti yang sudah terbukti  ampuh 100%. Silahkan anda coba semua cara yang admin bahas di atas agar anda bisa menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalahnya. Jika anda memiliki pertanyaan, anda dapat bertanya ke admin melalui halaman kontak blog ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.

Advertisement