4+ Cara Mengetahui HP Disadap Atau Tidak Terbaru 2019

4+ Cara Mengetahui HP Disadap Atau Tidak Terbaru 2019 – Berkat kemajuan teknologi yang kian pesat kini sadap menyadap sangat mungkin di lakukan. Banyak metode yang bisa digunakan untuk melakukan penyadapan data ponsel anda. Salah satunya dengan cara mengalihkan secara otomatis SMS dan panggilan suara dari ponsel anda ke ponsel penyadap.

Selain itu penyadapan bisa dilakukan melalui aplikasi messenger WhatsApp atau media sosial lainnya. Oleh karena itu untuk anda para pengguna smartphone wajib berhati-hati agar selalu menjaga keamanan privasi smartphone anda.

Untuk anda yang saat ini sedang curiga apakah HP anda sedang disadap atau tidak, maka silahkan simak tips yang akan kami berikan di artikel ini. Kami akan mengulas secara rinci cara mengetahui HP disadap atau tidak lengkap hingga aplikasi messenger WhastApp.

Advertisement

Cara yang akan admin ulas kali ini bisa digunakan untuk semua tipe smartphone Android maupun iOS dan untuk semua provider seluler seperti Telkomsel, Indosat, Axis, XL, Smartfren maupun Tri. Simak ulasan selengkapnya tentang cara mengetahui hp disadap dibawah ini.

Baca Juga : 6+ Cara Mengatasi Memori Penuh HP Samsung Semua Tipe 99% Work

Cara Mengetahui HP Disadap Atau Tidak

#1. Cek Pengalihan Panggilan dan SMS Otomatis

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa penyadapan bisa dilakukan dengan mengalihkan panggilan atau SMS. Untuk itu bisa anda cek dengan mengakses kode dial *#61# dan *#21#. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Panggilan di Ponsel anda.
  2. Kemudian ketikan kode *#61# atau *#21# tunggu kode MMI berjalan (cek kedua kode dial tersebut)
  3. Lalu akan muncul popup yang menginformasikan semua pemindahan panggilan tanpa syarat dari mulai Panggilan suara, data, faks, SMS dan lainnya.

Jika kedua kode di atas menunjukan status “Tdk diteruskan” untuk semua jenis komunikasi berarti ponsel anda aman dari penyadapan.

#2. Hapus Semua Pemindahan Panggilan Tanpa Syarat

Walaupun anda sudah mengecek bahwa semua panggilan tidak diteruskan, akan tetapi anda harus bejaga-jaga untuk menghapus semua pengalihan dari ponsel anda. Untuk mengahapus semua jenis pengalihan anda bisa menggunakan kode dial ##002##. Simak cara menggunakannya dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Panggilan di HP anda.
  2. Kemudian ketikan kode dial ##002## lalu tunggu kode MMI berjalan.
  3. Setelah selesai maka akan muncul informasi yang menyatakan “Pemindahan panggilan Semua Penghapusan berhasil.”

#3. Cek Aktifitas WhatsApp Web

Untuk mengetahui apakah WhatsApp sedang di sadap atau tidak, silahkan cek aktifitas WhatsApp Web. Karena metode penyadap sering dilakukan menggunakan fasilitas WhatsApp Web. Jika WhatsApp Web sedang aktif tanpa anda ketahui maka segera keluar / logout. Untuk mengathui aktifitas WhatsApp Web silahkan simak dibawah ini.

  1. Pada halaman beranda WhatsApp tap icon titik tiga yang ada disudut kanan atas.
  2. Kemudian pilih menu WhatsApp Web.
  3. Untuk keluar  logout silahkan pilih Keluar dari semua perangkat kemudian pilih tombol Keluar.

Baca Selengkapnya : Cara Mengetahui WhatsApp Sedang di Sadap atau Tidak

#4. Gunakan Fitur Keamanan Android

Untuk mengamankan ponsel maka silahkan gunakan fasilitas kunci ponsel dengan PIN atau Pola. Begitu juga untuk aplikasi-aplikasi penting yang terinstall di ponsel anda seperti WhatsApp, Gmail, Facebook dan lainnya. Untuk mengunci aplikasi di HP Android anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga App Lock yang dapat di unduh gratis dari Play Store.

#5. Pasang Antivirus

Jika di perlukan anda bisa menginstall antivirus di ponsel anda. Karena penyadapan bisa di jalankan menggunakan virus atau mallware yang bersarang di HP anda. Anda dapat menggunakan antivirus gratis yang dapat di download dari Google Play Store.

Baca Juga : Cara Membersihkan WhatsApp Tanpa Menghapus Chat di Android

Demikian yang dapat admin sampaikan tentang cara mengetahui HP disadap atau tidak terbaru yang bisa anda coba. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan info terbaru anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here