5 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Rusak Yang Harus Anda Tahu

5 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Rusak – Ketika membeli sebuah smartphone Android, tentu saja kebanyakan orang ingin agar smartphone Androidnya tersebut awet dan bisa bertahan lama. Mungkin Anda juga salah satunya yang menginginkan hal tersebut.

Hanya saja nyatanya tidak semua yang Anda inginkan bisa terwujud. Utamanya jika Anda tidak bisa merawat smartphone Anda secara intens. Anda harus tahu bahwa sektor baterai merupakan salah satu komponen baterai yang paling mudah rusak.

Advertisement

Bahkan kebiasaan yang kurang baik jika Anda lakukan berpotensi membuat baterai ponsel cepat rusak. Karena itu Anda harus tahu apa saja penyebabnya agar baterai ponsel Anda terhindar dari kerusakan. Berikut beberapa penyebab baterai ponsel cepat rusak yang Anda harus tahu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Bawaan Xiaomi 100% Ampuh

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Rusak

1. Memanfaatkan charger yang spesifikasinya tidak sesuai

Charger merupakan hal yang sangat penting untuk pengguna ponsel karena ketika daya ponsel habis, maka charger akan digunakan menambah atau mengisi daya tersebut.

Hanya saja yang disayangkan, karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan tentang charger, banyak orang yang tidak peduli ketika ngecharge charger yang digunakan apakah sesuai spesifikasi ponsel atau tidak.

Padahal sebenarnya walau apapun jenis charger bisa digunakan mengisi daya smartphone, akan tetapi charger dengan spesifikasi yang tidak sesuai kebutuhan ponsel malah akan merusak baterai ponsel lama kelamaan.

Karena itu upayakan Anda menggunakan charger yang memang dibutuhkan ponsel. Misalkan jika Anda menggunakan smartphone Samsung, maka ada baiknya Anda menggunakan charger Samsung juga dengan spesifikasi yang sama dengan kebutuhan ponsel Samsung Anda.

Akan tetapi saat ini sudah terdapat charger yang bisa digunakan oleh semua jenis ponsel. Utamanya charger yang memiliki ujung berupa micro USB. Sehingga tentu Anda tak perlu lagi bingung jika charger original ponsel rusak atau hilang. Hanya saja spesifikasinya harus sesuai kebutuhan.

2. Melakukan charge ulang ketika baterai sudah 0% atau dibawah 10%

Hal ini merupakan sebuah kesalahan pengisian daya yang seringkali dilakukan. Secara umum pengguna smartphone mulai melakukan pengisian daya atau charging ketika baterai sudah berada dalam kondisi 0%.

Kebanyakan baterai smartphone saat ini memang Li-Ion yang notabennya awet dan bahkan bisa beroperasi sampai dibawah 10%. Akan tetapi kalau terlalu sering dicharge di bawah 20% tentu akan menjadikan baterai rusak. Sekaligus hal tersebut dapat mengurangi umur baterai ponsel Anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard HP Android Error Tidak Muncul

3. Ponsel yang tidak pernah dimatikan

Sama halnya dengan manusia yang butuh istirahat, ponsel juga butuh istirahat. Caranya yaitu dengan dimatikan secara berkala. Jika ponsel Anda terlalu sering digunakan secara non stop maka tentu baterai ponsel Anda akan terasa panas dan hal ini tentu sangat tidak baik pada baterai Anda sendiri.

Komponen lain didalam ponsel juga akan mengalami perubahan kemampuan. Jadi baiknya jika ponsel sedang tidak dipakai, Anda matikan. Baiknya ketika Anda tidur, ponsel juga ikut tidur sehingga ia punya waktu istirahat yang cukup.

4. Ponsel yang digunakan ketika sedang di charge

Ketika ponsel sedang di charge memang ada baiknya ponsel di charge dalam kondisi mati atau tidak digunakan sama sekali. Hanya saja pada kenyataannya, seringkali orang – orang masih menggunakan ponsel ketika ponsel sedang diisi dayanya.

Diantaranya ponsel digunakan untuk telepon, chatting atau bahkan untuk bermain game. Padahal kebiasaan yang semacam ini tentu sangat tidak baik karena sangat berpengaruh pada kualitas baterai ponsel.

Karena itu ketika sedang di charge sangat dianjurkan agar ponsel di charge dalam kondisi mati. Hentikan penggunaan ponsel ketika Anda sedang mengecharge atau mengisi daya ponsel Anda. Hal ini dapat menjaga baterainya untuk lebih tahan lama.

Baca Juga : 4+ Cara Mengetahui HP Disadap Atau Tidak Terbaru

5. Lepas charger sebelum baterainya penuh

Ketika Anda ingin bepergian dan terburu – buru membawa ponsel biasanya ponsel akan diisi tidak sampai penuh. Kebiasaan melepas charger padahal baterai belum terisi penuh juga berdampak buruk pada kerusakan baterai.

Hal yang semacam ini karena pada umumnya baterai yang digunakan pada ponsel yang jenisnya Li-Ion memiliki umur baterai berdasarkan berapa banyak baterai yang diisi ulang. Tentu semakin sering Anda melakukan pengisian dengan cara semacam ini, maka nantinya juga akan semakin berkurang umur baterainya.

Itulah penyebab baterai ponsel cepat rusak yang Anda harus tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Advertisement