Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android | Tanpa Root Terbaru 2019 – Setiap merk smartphone Vivo, Xiaomi, Samsung, Adnvan, Sony dan lainnya yang menggunakan sistem operasi Android pasti memiliki aplikasi bawaan atau yang bisa kita sebut bloatware. Aplikasi bawaan ini tentunya bertujuan untuk mempermudah para pengguna agar bisa memanfaatkan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh smartphone yang digunakan. Namun ada sebagian aplikasi bawaan yang tidak digunakan, maka ada sebagian pengguna yang ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan tersebut agar kinerja smartphone Android-nya menjadi lebih cepat.

Advertisement

Sejatinya pengguna tidak bisa serta-merta menghapus aplikasi bawaan HP Android. Karena aplikasi bawaan merupakan aplikasi sistem yang tidak bisa pengguna akses file penyimpanannya.

Nmaun seperti yang kita tahu bahwa Android adalah sistem operasi open source yang artinya pengguna di izinkan untuk mengubah, memodifikasi ataupun menghapus file sistemnya. Syarat utama agar kita dapat mengakses file sistem Android adalah dengan Root.

Baca Juga : 3+ Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti 100% Ampuh!

Apakah Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Tanpa Root?

Mungkin di antara anda memiliki pertanyaan, bagaimana jika ponsel Android kita belum di root, apakah bisa menghapus aplikasi sistemnya? Jawabannya adalah Bisa. Saat ini banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat anda gunakan untuk menghapus atau menghibernasi aplikasi bawaan yang tujuannya untuk melegakan RAM agar performa HP Android mejadi lebih ngebut.

Nah, pada kesempatan ini admin akan memberikan cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root  untuk semua merk HP Android seperti Vivo, Xiaomi, Samsung, Advan, Sony dan lainnya. Baiklah mari kita simak ulasan selengkap dibawah ini.

Baca Juga : 9+ Aplikasi Font Android Terbaik Terbaru 2019 | Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Tanpa Root

Sebelum anda menghapus aplikasi bawaan, pastikan bahwa aplikasi bawaan yang akan anda hapus benar-benar aman. Anda tidak bisa menghapus aplikasi yang berhubungan dengan hardware, seperti aplikasi Kamera, karena jika aplikasinya anda hapus maka kamera ponsel anda nantinya tidak bisa berfungsi. Atau aplikasi yang berhungan dengan sistem yang bisa menyebabkan ponsel anda bootlop.

Advertisement

Menggunakan CCleaner

Aplikasi pertama yang bisa anda manfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root adalah CCleaner. Cara menggunakannya cukup mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi CCLeaner melalui Google PlayStore.

2. Sebelum anda menjalankan CCleaner silahkan anda aktifkan terlebih dahulu Aksesbilitas untuk CCleaner. Masuk ke Setelan Ponsel > Aksesbilitas > cari aplikasi CCleaner > Aktifkan. Lihat gambar dibawah ini agar lebih mudah.

Advertisement

3. Kemudian silahkan anda jalankan aplikasi CCleanernya, kemudian pada halaman awal tap tombol menu garis 3 yang berada di sudut kiri atas. Lalu pilih Pengelola Aplikasi.

4. Selanjutnya masuk ke tab Sistem, lalu cari aplikasi bawaan yang ingin anda hapus. Admin akan mencontohkan menghapus aplikasi Facebook di HP Samsung. Karena aplikasi Facebook ini termasuk aplikasi bawaan.

5. Silahkan anda ceklis aplikasinya maka akan menuncul tombol menu bulat di bagian sudut kanan bawah, tap tombol tersebut lalu pilih Hapus Instalasi Pembaruan lalu pilih Hibernasi.

6. Maka aplikasi sistem tersebut akan di nonaktifkan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Bawaan Xiaomi 100% Ampuh

Menggunakan ES File Explorer

ES File Explorer adalah salah satu aplikasi pengolah file yang cukup populer. Selain pengolah file, aplikasi ES File Explorer juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi sistem ponsel Android. Untuk cara menggunakannya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama silahkan anda download ES File Explorer langsung melalui halaman resminya di PlayStore.

2. Kemudian setelah aplikasinya terinstall anda bisa langsung menjalankannya. Pada halaman pertama silahkan pilih menu App. Maka akan tampil semua aplikasi pihak ketiga yang terinstall di ponsel anda.

3. Lalu silahkan ubah ke tampilan Aplikasi Sistem ponsel anda. Tap tombol anak panah yang berada di sudut kiri atas, ubah dari Aplikasi Pengguna ke Aplikasi Sistem. Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.

4. Maka akan tampil semua aplikasi bawaan HP Android anda. Silahkan anda pilih aplikasi mana yang akan anda hapus, admin akan mencontohkan untuk menghapus aplikasi Radio. Tap dan tahan beberapa detik aplikasi yang akan anda hapus hingga muncul menu pilihan di bagian bawah. Silahkan pilih Copot.

5. Jika muncul peringatan pilih OK saja. Lalu tunggu hingga proses pencopotan selesai.

Baca Juga : Cara Mengganti Font Xiaomi Semua Tipe Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Menghapus Aplikasi Bawaan Untuk HP Android Yang Sudah ROOT

Untuk menghapus aplikasi bawaan HP Android yang sudah di root, anda bisa menggunakan aplikasi System App Remover. Kelebihan aplikasi ini yaitu memberitahu aplikasi-aplikasi sistem yang aman untuk di hapus. Jadi anda tidak perlu khawatir salah hapus aplikasi sistem yang bisa mengakibatkan ponsel bootlop atau bahkan hardbrick. Untuk cara menggunakannya sangat mudah. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Download aplikasi System App Remover by Jumobile langsung dari PlayStore.

2. Kemudian setelah terinstall anda bisa langsung menjalankannya. Pada saat pertama di jalankan akan muncul permintaan izin akses root. Silahkan anda pilih Izinkan.

3. Selanjutnya pilih dan ceklis aplikasi sistem / bawaan yang akan anda hapus. Anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan sekaligus.

4. Terkahir silahkan tap tombol Copot Pemasangan. Tunggu hingga proses pencopotan selesai.

Demikian yang dapat admin sampaikan tentang cara menghapus aplikasi bawaan HP Android yang belum di root atau untuk yang sudah di root. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan info terbaru anda seputar sistem ponsel Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here