Cara Mengatasi Keyboard HP Android Error Tidak Muncul – Seperti yang kita tahu bahwa saat ini smartphone Android keluaran terbaru berdesain full layar yang artinya tidak tersedianya tombol keyboard fisik yang dapat digunakan pengguna untuk mengetik tulisan. Pengguna hanya disediakan keyboard virtual yang otomatis akan muncul ketika akan menuliskan teks. Maka saat keyboard di ponsel kita error / tidak muncul, pastinya kita akan bingung karena tidak ada opsi lain yang dapat kita gunakan untuk membuat tulisan.

Advertisement

Jika saat ini anda sedang mengalami masalah keyboard error pada HP Android-nya, anda bisa ikuti terus artikel ini sampai habis karena pada kesempatan ini admin akan memberikan beberapa cara yang mungkin pengguna bisa lakukan untuk mengatasi keyboard yang tidak muncul di HP Android.

Setiap merk smartphone memiliki keyboard bawaan masing-masing, namun untuk cara mengatasi tidak ada berbedaan. Yang artinya cara mengatasi keyboard Android error ini bisa digunakan untuk semua merk ponsel Android baik itu Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo maupun merk smartphone Android lainnya. Baiklah silahkan simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nomor Diblokir Oleh WhatsApp Terbaru

Cara Mengatasi Keyboard HP Android Error Tidak Muncul

#1. Force Close dan Reset Keyboard Android

1. Pertama silahkan masuk ke Setelan ponsel, kemudian cari menu Manager App / Aplikasi.

2. Kemudian silahkan anda cari aplikasi Keyboard “biasanya untuk keyboard bawaan terletak pada aplikasi sistem”.

Advertisement

3. Setelah ketemu silahkan anda buka aplikasi Keyboardnya lalu pilih Paksa Berhenti / Force Close.

4. Selanjutnya untuk menyegarkan keyboard di HP Android, anda bisa memilih Hapus Data. Ketika anda memilih hapus data maka pengaturan yang pernah anda setel untuk Keyboard anda akan di reset semua. Jadi anda perlu mengatur ulang kembali keyboard anda.

Advertisement

5. Jika sudah silahkan anda coba untuk mengetikan sesuatu. Maka seharusnya keyboard Android anda sudah muncul dan bisa digunakan untuk mengetik.

Namun jika sampai saat ini keyboard anda masih tidak muncul, silahkan lanjut ke cara yang kedua.

Baca Juga : Cara Mengganti Font Xiaomi Semua Tipe Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

#2. Restart Ponsel Anda

Tujuan merestart HP adalah untuk me-refres semua aplikasi yang terinstall di ponsel anda termasuk aplikasi keyboard. Silahkan anda coba restart ponsel anda. Setelah selesai, anda bisa mencobanya kembali untuk meng-input teks.

#3. Gunakan Google Keyboard

Jika keyboard bawaan ponsel masih saja error, solusinya anda bisa mencoba menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga seperti Google Keyboard. Anda bisa mengunduh Google Keyboard secara gratis melalui halaman resminya di Google Play. Selain gratis, Google Keyboard juga cukup ringan dan tidak ada iklan yang muncul. Ikuti langkah dibawah ini cara untuk mengganti keyboard default di ponsel Android anda.

1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi Google Keyboard melalui Google Play.

2. Kemudian setalah terinstall silahkan buka aplikasi-nya dan ikuti instruksinya.

2. Selanjutnya, masuk ke Setelan Ponsel.

3. Kemudian cari pengatruan Bahasa dan Input.

4. Lalu tap pengaturan Keyboard Default pilih Goboard.

5. Selesai.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Bawaan Xiaomi 100% Ampuh

#4. Reset ke Setelan Pabrik

Solusi terkahir untuk cara mengatasi keyboard HP Android yang error tidak muncul adalah dengan mengatur ulang HP anda ke pengaturan pabrik. Maka seluruh pengatruan yang sebelumnya sudah di setel akan kembali pulih seperti HP baru kembali termasuk pengaturan untuk Keyboardnya. Namun perlu di perhatikan ketika anda ingin mereset pengaturan anda harus membackup terlebihdulu seluruh data penting yang tersimpan di ponsel anda.

Demikian yang dapat admin sampiakan tentang beberapa cara mengatasi keyboard HP Android error tidak muncul. Silahkan anda mencoba cara yang admin sampaikan di atas dari nomor 1 hingga nomor 4. Jika masalah keyboard error masih belum bisa teratasi, maka kemungkinan besar frimeware ponsel anda yang mengalami error. Jadi silahkan ke cervice senter terdekat untuk melakukan flashing ulang. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here