Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android Terbaru

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android Terbaru – Salah satu aplikasi yang harus terus berjalan di latar belakang walaupun sedang tidak digunakan adalah aplikasi messenger. Seperti misalnya WhatsAppp, BBM, Facebook dan lainnya. Karena tugas dari aplikasi messenger adalah untuk menerima pesan, jika aplikasinya berhenti, maka pesan baru atau notifikasi baru lainnya tidak akan masuk. Oleh karena itu, sistem Android terus mengizinkan aplikasi ini untuk terus berjalan.

Namun adakalanya pengguna ingin menonaktifkan aplikasi WhatsApp untuk sementara waktu dalam keadaan tertentu tanpa harus memutuskan koneksi internet. Seperti misalnya sedang berbain game online, sedang browsing sehingga tidak ingin di ganggu oleh pesan baru ataupun panggilan telepon di WhatsApp. Secara default, baik itu WhatsApp ataupun aplikasi messenger lainnya tidak memiliki pengaturan default untuk menonaktifkan / membekukan sementara.

Advertisement

Oleh karena itu, pada artikel ini admin akan memberikan ulasan lengkap tentang bagaimana cara menonaktifkan aplikasi WhatsApp sementara tanpa memutus koneksi internet. Namun tentunya cara ini juga bisa digunakan untuk app messenger lainnya.

Metode Yang Digunakan Untuk Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Untuk menonaktifkan WhatsApp sementara, admin akan memberikan dengan beberapa metode, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga (Greenify) dan tanpa menggunakan aplikasi. Namun yang terpenting kedua cara ini cukup efektif untuk membekukan WhatsApp sementara waktu sesuai dengan yang kita butuhkan.

Selain itu, cara yang admin bagikan ini tidak membutuhkan akses root dan bisa di praktekan pada semua merek smartphone baik itu Xioami maupun Samsung. Baiklah, mari kita simak ulasan selengkapnya cara menonaktifkan WhatsApp sementara dibawah ini.

Baca Juga : Cara Blokir Panggilan Masuk di Whatsapp Terbukti Work

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Tanpa Menggunakan Aplikasi

Untuk menonaktifkan WhatsApp semantara tanpa aplikasi kita bisa langsung melalui Pengaturan Ponsel. Ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

  1. Pertama buka Pengaturan
  2. Selanjutnya cari menu Aplikasi / App Manger

  3. Kemudian silahkan anda cari aplikasi WhatsApp lalu pilih Stop / Paksa Berhenti. Lihat gambar dibawah ini.

Note: Anda hanya cukup memilih Stop / Paksa berhenti saja, jangan memilih Hapus Data / Hapus Installan.

Nah, dengan cara ini WhatsApp anda akan berhenti tidak akan bisa menerima pesan hingga anda membuka kembali aplikasi WhastApp-nya atau merestar ponsel anda.

Baca Juga : 25 Pilihan WhatsApp MOD APK Terbarik

Untuk yang menggunakan WhatsApp Plus, GBWhatsApp dan OGWhatsApp anda bisa melakukan ini dengan sangat mudah tanpa harus menyetel melalui pengaturan. Karena di WhastApp Plus memiliki fitur DND yang berfungsi untuk menonaktifkan sementara. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkannya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Plus di ponsel anda.
  2. Pada halaman beranda silahkan tap tombol icon signal yang berada di atas hingga muncul icon gembok. Lihat gambar dibawah ini.

  3. Terkahir silahkan anda keluar dari aplikasi WhatsApp Plus.

Maka dengan fitur DND yang di aktifkan, WA Plus anda tidak akan bisa digunakan untuk menerima dan mengirim pesan sampai fitur DND-nya anda buka kembali. Untuk mmembuka fitur DND sangat mudah, anda hanya cukup tap kembali icon signal sampai icon gemboknya hilang. Restar WhatsApp plus maka secara otomatis akan bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan kembali.

Baca Juga : 5+ WhatsApp Plus APK Download Versi Terbaru 2019

Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi Greenify untuk menonaktifkan WhatsApp sementara. Aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis melalui Google Play. Untuk menggunakan silahkan simak caranya dibawah ini.

  1. Pertama silahkan anda download aplikasi melalui Google Play. Ukurannya cukup kecil hanya 2.3MB saja.
  2. Selanjutnya silahkan anda jalankan aplikasinya. Pada saat pertama kali di buka silahkan tap tombol Berikutnya. Selanjutnya akan muncul pertanyaan Mode Bekerja, pilih My device is NOT rooted (untuk yang ponselnya belum root) dan pilih My device is rooted (untuk yang ponselnya sudah dalam keadaan root). Admin akan mencohtohkan menggunakan ponsel yang berlum root. Jika sudah tap tombol Berikutnya sampai Finish.

  3. Setelah di halaman beranda silahkan anda tap tombol icon + bulat yang berada di sudut kanan bagian bawah. Lalu pilih aplikasi WhatsApp.

  4. Kemudian akan muncul status HIBERNASI MANUAL TERTUNDA. Seleksi kembali aplikasi WhatsApp-nya lalu tap icon Zzz yang ada dibagian bawah, jika muncul notif pilih lanjutkan. Lihat gambar dibawah ini.

  5. Untuk anda yang baru pertama kali menggunakan aplikasi Greenify, anda akan di arahkan ke Pengaturan ponsel Aksesbilitas. Silahkan scroll ke bagian bawah, lalu aktifkan Layanan Greenify. Lihat gambar dibawah ini.

  6. Selanjuutnya, silahkan anda tap kembali tombol Zzz hingga status HIBERNASI seperti gambar dibawah ini.

Nah, selama hibernasi maka WhatsApp di ponsel anda sudah membeku / nonaktif tidak bisa untuk menerima pesan. Jika anda ingin mengaktifkan WhatsApp kembali anda bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp dari drawer app ponsel anda.

Baca Juga : Download WhatsApp Tema Instagram APK MOD Versi Terbaru 2019

Kesimpulan

Kedua cara di atas sama-sama efektif, namun kelebihan tanpa menggunakan aplikasi tidak dibutuhkan setting yang rumit. Sedangkan jika menggunakan Greenify, membutuhkan settingan namun bisa menonaktifkan beberapa aplikasi sekaligus. Semua admin serahkan ke anda, mau menggunakan cara yang pertama atau yang kedua.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan tentang cara menonaktifkan WhatsApp sementara di Android tanpa aplikasi dan dengan menggunakan bantuan aplikasi Greenify. Jika masih ada yang kurang jelas anda dapat bertanya ke admin melalui halaman kontak blog ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda seputar aplikasi Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Advertisement